Pendidikan 4.0, Tak Terbatas pada Kelas
Pendidikan 4.0 atau
Education 4.0 merupakan istilah umum para ahli teori pendidikan untuk
menggambarkan berbagai cara untuk mengintegrasikan teknologi cyber ke dalam pembelajaran. Konsep ini dikatakan
sebagai masa depan pendidikan. Kelas daring atau robot pembantu ujian online menjadi salah satu wujud pada era
Pendidikan 4.0.
Perubahan sosial di
bidang pendidikan ini mengikuti arah perkembangan teknologi yang semakin cepat
untuk mengimbangi Revolusi Industri 4.0 yang telah dilakukan dunia. Sementara
sistem pendidikan di Indonesia harus siap mengenai penguasaan teknologi bagi
anak-anak, namun belum merata dalam mempersiapkannya.
Pada masa pandemi
Covid-19 ini, para guru dan siswa harus beradaptasi dengan metode pembelajaran
yang dilakukan secara jarak jauh dan daring di hampir seluruh sekolah dan
universitas.
Para guru diimbau lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun metode pembelajaran. Kendalanya, kebebasan ini terkadang beban bagi yang tidak familiar dengan teknologi tinggi. Oleh karena itu memang dibutuhkan semua pihak untuk merangkul menuju era Pendidikan 4.0.
Topik panas Pendidikan 4.0 selalu jadi perbincangan di
forum diskusi. Seberapa pentingnya Pendidikan 4.0 harus segera dilaksanakan dan
dampak jika tidak melaksanakan jadi bahan yang menarik untuk disimak. Terutama
jika ada hubungannya dengan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Indonesia,
karena revolusi Industri 4.0 hubungannya erat dengan teknologi yang mengambil
peranan dalam produksi.
Industri kini bergerak
ke arah digital. Maka dari itu, untuk menyiapkan SDM berkualitas dan berdaya
saing global, anak-anak Indonesia harus menguasai teknologi selama masa
pendidikan. Hal ini juga harus diimbangi dengan perkembangan teknologi digital
di Indonesia yang saat ini masih dinilai terlambat dari negara lain.
Adanya bonus demografi
dengan lebih dari 200 juta jiwa sebelum 2045 juga perlu diperhatikan. Oleh
karena itu Pendidikan 4.0 memang harus dilaksanakan dari sekarang untuk masa
depan, terutama menyangkut terwujudnya program Indonesia Emas 2045.
Nadiem menyarankan
metode pembelajaran Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics (STEAM)
yang bisa menjadi salah satu kunci penting dunia pendidikan menghadapi era 4.0.
STEAM bisa mendorong pengembangan ilmu sains, teknologi, teknik, dan matematika
semakin kreatif.
Selain mempersiapkan metode pembelajaran baru, dibutuhkan juga infrastruktur untuk mendukung tercapainya Pendidikan 4.0. Berikut ini program dan fasilitas yang harus disiapkan untuk menyongsong Pendidikan 4.0.
Penulis: Akbar S.Pd